Tim Peneliti Unram Temukan Potensi Rumput Laut Tekan Penyakit Kanker

 Tim Peneliti Rumput Laut dari Unram H. Sunarpi (paling kiri) bersama narasumber pada workshop internasional pengembangan rumput laut yang digelar Fakultas MIPA Unram, Rabu (7/2/2018). 

Fakultas MIPA Universitas Mataram (Unram) menggelar workshop internasional guna membahas berbagai temuan hasil penelitian tentang potensi pengembangan rumput laut di berbagai belahan dunia.

Workshop internasional yang diikuti puluhan dosen itu berlangsung di gedung Fakultas MIPA Unram. Tak hanya itu, workshop juga berlangsung di sejumlah tempat seperti Jepang menggunakan teleconference.

Tim Peneliti Rumput Laut dari Unram Prof. Ir. H. Sunarpi, menegaskan pelaksanaan workshop untuk mengungkapkan hasil penelitian tentang rumput laut dan prospek pengembangannya bagi kehidupan manusia.

"Sebagaimana diketahui NTB sangat potensial dengan rumput laut, jadi harus dikembangkan," ungkap Sunarpi, Rabu (7/2/2018) .

Kegiatan workshop ini menampilkan berbagai hasil penelitian dari berbagai negara tentang rumput laut dan progres penelitian ke depan yang outputnya ke depan adalah dapat dikembangkan ke berbagai arah pengembangan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Khusus hasil penelitian tim Unram, pihaknya melakukan penelitian untuk menemukan pupuk cair dari rumput laut dan rumput laut sebagai obat untuk menekan penyebaran penyakit kanker, serta rumput laut sebagai pelindung kulit.

Hasil penelitian tersebut akan terus dikembangkan pada tahun 2018 ini. Selain itu dipastikan pula, hasil temuan rumput laut sebagai obat penyebaran kanker akan jadi satu-satunya temuan luar biasa bidang penelitian di Indonesia.

Sementara itu, Dekan FMIPA Unram Prof. Ir. Surya Hadi, menyebut kegiatan ini bagian dari kerjasama internasional MIPA untuk menghasilkan publikasi karya-karya ilmiah bertaraf internasional.  Karena dengan adanya penelitian bersama dengan perguruan tinggi luar negeri, sangat memudahkan untuk dilakukan publikasi karya ilmiah pada jurnal bertaraf internasional.

Selain itu, dia berharap kegiatan ini diharapkan mampu memunculkan teknologi tepat guna dengan konsep pengembangan yang bisa langsung menyentuh kebutuhan masyarakat. "Ini merupakan hasil penelitian bersama sejumlah peeguruan tinggi luar negeri. Langkah penelitian bersama ini sebagai cara memudahkan agar hasil penelitian dapat dipublikasikan ke jurnal internasional," terangnya. (DARSONO) 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.